Monday 7 December 2015

System Informasi Perpustakaan

System Informasi Perpustakaan


1.      Database


 




 



































  1. Penjelasan Program

1.       tampilan pertama juka program dinyalakan, di tampilan awal tersebut terdapat beberapa menu, tetapi untuk menjalankan program selanjutnya kita harus melakukan login terlebih dahulu
2.       ketika kita memilih admin maka kita akan dihadapkan oleh beberapa pilhan, yaitu login, about, dan keluar.
3.       Login(untuk masuk kedalam program), about( penjelasan tentang program tersebut), dan keluar(untuk keluar dari program).
4.       Kemudian pilih login untuk masuk ke dalam.
5.       Setelah masuk ke form login kita masukkan user ID kita dan Password.
6.       Kemudian klik tombol login.
7.       Maka akan muncul menu yang lain yaitu admin, data, transaksi, dan laporan.
8.       Dan yang di lingkari terdapat id dan nama user yang menggunakan program.
9.       Ketika kita klik menu data, maka akan muncul lagi sub menu yang ada di dalam menu data yaitu, petugas, anggota, kategori, penerbit, buku, dan setting.
10.   Ketika kita memilih transaksi maka akan muncul sub menu juga yaitu, inventaris, pinjam, detailpijam, dan pengembalian.
11.   Ketika kita memilih menu laporan maka akan juga muncul submenu yaitu, anggota, buku, petugas, pinjam, denda, dan inventaris.
12.   Kemudian kita pilih data > petugas maka akan muncul from petugas.
13.   Dalam from tersebut berisi tentang data petugas yang baru masuk/daftar dan juga siapa saja petugas yang berada di perpustakaan tersebut.
14.   Didalamnya terdapat berbagi macam data bagi petugas yang ingin mendaftar, yaitu NIP, Nama, Alamat, Jenis kelamin, No telp, User ID, Password.
15.   Kemudian dalam form tersebut terdapat lima tombol yang dapat diganakan, yaitu simpan, batal, update, hapus, dan keluar.
16.   Tombol simpan digunakan untuk menyimpan data petugas.
17.   Tombol batal untuk membatalkan penyimpnan data petugas.
18.   Tombol update digunakan untuk mengedit data yang mungkin ada kesalahan.
19.   Tombol hapus digunakan untuk menghapus data.
20.   Tombol keluar untuk keluar dari form petugas.
21.   Kemudian didalam form petugas tersebut terdapat pilihan untuk mencari data yang telah terinputkan ke dalam database.
22.   Dan tmbol cari digunakan utuk mencari data yang sudah di imputkan.
23.   Kemudian disana juga ditampilkan data petugas yang telah masuk dan telah tersimpan di dalam data petugas tersebut.
24.   Kemudian kita pilih keluar.
25.   Kita pilih menu data>pilih Anggota.
26.   Di dalam from anggota ini kita dapat mencari dan mengetahui siapa saja anggota perpustakaan yang akan mendaftar atau yang sudah mendaftar.
27.   Jika seorang mahasiswa ingin mendaftar maka dia harus mengisi seluruh field-field yang ada dlam form anggota tersebut.
28.   Field-field yang ada dalam anggota tersebut yaitu kode anggota, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, telephon, tanggal daftar, dan masa berlaku.
29.   Didalam form tersebut juga terdapat tombol-tombol seperti  simpan, batal, update, hapus, dan keluar, juga ada cari.
30.   Tombol simpan digunakan untuk menyimpan data anggota.
31.   Tombol batal untuk membatalkan penyimpnan data anggota.
32.   Tombol update digunakan untuk mengedit data yang mungkin ada kesalahan.
33.   Tombol hapus digunakan untuk menghapus data.
34.   Tombol keluar untuk keluar dari form anggota.
35.   Di dalam form tersebut juga telah ditampilkan data-data yang telah di imputkan dan terdaftar menjadi anggota perpustakaan.
36.   Kemudian juka kita ingin mencarai anggota yang sudah terdaftar di perpustakaan maka kita dapat menggunakan tombol cari.
37.   Kemudian klik tombol untu keluar dari form.
38.   Kemudain pilih menu data>kategori.
39.   Di dalam form katagori ini kita dapat mengimputkan buku itu masuk dalam kategori apa? Apakah novel, fiksi, non fiksi, sains, ilmu pengetahuan, atau agama.
40.   Di dalam form tersebut terdapat field-field yang dapat diisi yaitu kode kategori dan nama kategori.
41.   Di dalam form tersebut juga terdapat tombol simpan, batal, update, hapus, keluar, dan cari.
42.   Tombol simpan digunakan untuk menyimpan kategori yang sudah diinputkan.
43.   Tombol batal digunakan untuk membatalkan penyimpanan data.
44.   Tombol update digunakan untuk mengedite data.
45.   Tombol hapus untuk menghapus data.
46.   Tombol cari digunakan untuk mencari data yang telah berhasil di simpan.
47.   Di dalam form tersebut juga di tampilkan data-data yang tlah berhasil di inputkan.
48.   Pilih tombol keluar untuk keluar.
49.   Pilih menu data >penerbit maka akan muncul form penerbit.
50.   Di dalam form penerbit kita dapat mengisikan dari mana saja buku-buku yang masuk ke perpustakaan itu diterbitkan.
51.   Di dalam form tersebut kita dapat mengisikan yaitu, tentang kode penerbit, nama penerbit, dan alamat penerbit.
52.   Di dalam form tersebut juga terdapat berbagai tobol yaitu simpan, batal, update, hapus, keluar, dan cari.
53.   Tombol simpan digunakan untuk menyimpan data penerbit.
54.   Tombol batal untuk membatalkan penyimpanan data penerbit.
55.   Tombol update digunakan untuk mengedit data penerbit.
56.   Tombol cari digunakan untuk mencari data penerbit.
57.   Di dalam form itu juga di tampilkan data penerbit yang telah di inputkan kedlam data penerbit.
58.   Pilih tombol keluar untuk keluar dari form.
59.   Pilih menu data>buku maka akan muncul form buku.
60.   Di dalam form ini diimputkannya berbagi buku yang masuk ke perpustakaan dan disinilah buku-buku tersebut dipilah-pilah berdasarkan katagori bukunya.
61.   Di dalam form buku itu terdapat berbagai field yaitu kode buku, judul, pengarang, tahun terbit, bahasa, ISBN, jumlahpenerbit kategori.
62.   Di dalam form itu juga terdapat tombol simpan, hapus, update, batal, keluar, cari, cari penerbit, dan cari kategori.
63.   Tombol simpan digunakan untuk menyimpan data tentang buku yang akan di inputkan.
64.   Tombol hapus digunakan untuk menghapus data buku yang ada di perpustakaan.
65.   Tombol update digunakan utuk mengedit data yang telah dimasukan ke dalam data buku di perpustakaan.
66.   Tombol batal digunakan untuk membatalkan proses penyimpanan data ke dalam data buku di perpustakaan.
67.   Tombol cari di gunakan untuk mencari buku yang telah ada pada data buku di perpustakaan.
68.   Tombol cari penerbit di gunakan untuk menampilkan form penerbit sehingga penerbit dari buku tersebut dapat diketahuai dengan cepat dan tepat. Sehingga ketika tombol cari penerbit tersebut dipilih maka akan muncul form cari penerbit.
69.   Tombol cari kategori digunakan untuk mencari kategori yang diambilkan dari from cari kategori atau dalam data kategori yang taditelah tersimpan. Sehingga nanti ketika kita pilih tobil cari kategori maka akan muncul form baru yaitu form cari kategori.
70.   Dalam form buku juga di tampilkan pula buku apa saja yang  dimiliki oleh perpustakaan, sehingga kita dapat melihat dan memilih buku mana yang kita sukai.
71.   Pilih tombol keluar untuk keluar dari form buku.
72.   Pilih menu data >setting. Maka akan muncul form setting.
73.   Dalam form setting kita dapat mengimputkan mau seperti apa format peminjaman buku pada perpustakaan tersebut. Yaitu tentang berapa lama peminjaman buku, berapa dendanya, dan maksimal jumlah pinjaman.
74.   Di dalam form setting juga terdapat tombol simpan dan keluar
75.   Tombol simpan digunakan utuk menyimpan settingan yang sesuai keinginan kita.
76.   Pilih tombol keluar untuk keluar dari form setting.
77.   Pilih menu transaksi>inventaris maka akan tampil form inventaris.
78.   Dalam form inventaris ini kita dapat mengisi tentang data buku yang ada di perpustakaan.
79.   Di dalam form inventaris terdapat field-field yaitu kode, tanggal masuk, status, buku.
80.   Di dalam form tersebut juga terdapat berbagai tombol yaitu simpan, batal, update, hapus, keluar, cari, dan cari buku.
81.   Tombol simpan di gunakan untuk menyimpan data tentang buku yang ingin di inputkan.
82.   Tombol batal digunakan untuk membatalkan proses penyimpanan data.
83.   Tombol update digunakan untuk mengedit data jika ternyata data tersebut mempunyai kesalahan.
84.   Tombol hapus digunakan untuk menghapus data yang tidak di perlukan.
85.   Tombol cari digunakan untuk mencari data yang telah tersimpan di data inventaris.
86.   Tombol cari buku digunakan untuk mencari buku apa saja yang ingin dimasukkan kedalam data inventaris. Ketika tombol cari buku dipilih maka akan muncul form cari buku.
87.   Pilih tombol keluar untuk keluar dari form cari buku dan inventaris.
88.   Pilih menu transaksi>pinjam, maka akan tampil form pinjam.
89.   Ketika kita memilih menu transaksi>pinjm maka kita akan di suguhkan tampilan seperti di atas, di dalam form pinjam itu terdapat field-field yang digunakan sebagai cara untuk meminjam buku di perpustakaan.
90.   Di dalam form pinjam disediakan field untuk mencari buku yang ingin di pinjam.(dilingkari warna merah)
91.   Kemudian untuk warna kuning digunakan untuk mencari anggota yang ingin meminjam buku, apakah anggota tersebut telah terdaftar atau belum di data perpustakaan.
92.   Di dalamnya juga terdapat tombol-tombol, yaitu pinjam, kembali, batal, dan keluar.
93.   Tombol pinjam digunakan untuk meminjam buku, dan tombol pinjam ini akan aktif jika field-field yang ada di form pinjam ini terisi.
94.   Tombol kembali digunakan untuk mengembalikan buku yang tadinya telah dipinjam.
95.   Tombol batal digunakan untuk membatalkan peminjaman buku.
96.   Di dalam form tersebut juga di tampilkan buku-buku yang tersedia dalam data buku di perpustakaan.
97.   Pilih tombol keluar untuk keluar.
98.   Pilih menu transaksi>pengembalian, maka akan munculform pengembalian.
99.   Di dalam form pengembalian terdapat field-field yaitu kode, tanggal pinjam, tanggal harus kembali, inventaris, lama pinjam, denda. Field-field tersebut digunakan untuk mendata peminjaman buku yang terjadi dalam perpustakaan.
100.    Di dalam form pengembalian tersebut terdapat tombol simpan, batal, dan keluar.
101.    Tombol simpan digunakan untuk menyimpan data pengembalian buku ke perpustakaan.
102.    Tombol batal digunakan untuk membatalkan pengembalian buku ke perpustakaan.
103.    Di tampilkan juga dalam form pengembalian tersebut buku-buku yang sudah dikembalikan dan telah di inputkan dalam data perpustakaan.
104.    Tombol keluar untuk keluar.
105.    Kemudian  pilih menu transaksi>detailpinjam, maka akan muncul form detail peminjaman buku yang ada di perpustakaan.
106.    Dalam form detailpinjam di atas terdapat beberapa field yang digunakan untuk memperjelas lebih detail siapa saja yang meminjam buku di perpustakaan.
107.    Pada field kode dan tanggal pinjam di isi dengan kode dn tanggal pinjam buku.
108.    Pada field inventaris, otomatis terisi sendiri karena kita mengambil data dari data inventaris yang telah ada dalam data perpustakaan.
109.    Terdapat juga tombol yaitu simpan, hapus, batal, keluar
110.    Tombol simpan digunakan untuk menyimpan anggota yang meminjam buku di perpustakaan.
111.    Tombol hapus digunakan untuk menghapus data yang telah terinputkan di data perpustakaan.
112.    Tombol batal digunakan untuk membatalkan penyimpanan data.
113.    Dan jika field-field tersebut tidak terisi maka tombol-tombol tersebut tidak akan aktif.
114.    Di dalam form tersebut juga di tampilkan data yang telah diinputkan pada form detailpinjam.
115.    Pilih keluar untuk keluar dari form detailpinjam.
116.    Pilih menu laporan> denda, maka akan muncul form  laporan denda.
117.    Dalam form laporan denda diatas terdapat beberapa field yaitu awalpinjam dan akhir pinjam, digunakan untuk menentukan dari kapan meminjam buku dan sampai kapan buku itu dipinjam.
118.    Untuk field cari, digunakan untuk mencari data yeng telah diinputkan dalam data laporan denda.
119.    Didalam form tersebut juga terdapat tombol yaitu tombol excel, dan keluar.
120.    Tombol excel digunakan untuk memindah data yaitu dari data dalam pascal ke dalam data yang berada di dalam Microsoft excel, sehingga laporan denda dapat dilihat sepenuhnya.
121.    Di dalam form tersebut juga di tampilkan data yang telah masuk ke dalam data yang ada dalam form laporan denda.
122.    Klik tombol keuar untuk keluar dari form laporan denda.
123.    Pilih menu laporan>pinjam, maka akan muncul form laporan pinjam.
124.    Di dalam form laporan peminjaman di data juga terdapat field-field seperti dai laporan denda, yaitu kapan awal meminjam buku dan kapan mengembalikan buku.
125.    Juga terdapat field cari yang digunakan untuk mencari data yang telah di inputkan ke dalam form laporan peminjaman.
126.    Dan juga terdapat juga tombol-tombol yaitu tombol excel dan keluar.
127.    Tombol excel digunakan untuk mengoneksikan data yang telah dibuat di dalam form laporan peminjaman ke dalam format excel, sehingga mudah dipahami.
128.    Di dalam form tersebut juga di tampilkan buku apa saja yang telahdiembalikan.
129.    Pilih tombol keluar untuk keluar.
130.    Pilih menu admin>logout, untuk keluar dari program simpus, atau menu keluar untuk keluar dari program.



No comments:

Post a Comment